- Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum
Pengembangan kurikulum secara umum yaitu pada pokoknya ada dua prosedur utama untuk mengubah atau mengembangkan kurikulum yaitu administrative approach yaitu yang direncanakan oleh pihak atasan untuk kemudian diturunkan kepada instansi-instansi bawahan sampai kepada guru-guru, jadi from the top down, dari atas ke bawah, atas inisiatif para administrator. Yang kedua yaitu grass roots approach yaitu yang dimulai dari akar from the bottom up dari bawah ke atas yaitu pihak guru atau sekolah dengan harapan akan meluas ke sekolah-sekolah lainnya.
Setelah itu kita perlu mengetahui langkah-langkah pengembangan kurikulum,yaitu sebagai berikut:
- Menentukan tujuan, rmusan tujuan di buat berdasarkan analisis terhadap berbagai tuntutan kebutuhan dan harapan
- Menentukan isi, merupakan materi yang akan di berikan kepada murid selama mengikuti proses pendidikan belajar mengajar
- Merumuskan kegiatan belajar mengajar, Hal ini mencakup penentuan metode dan keseluruhan proses belajar mengajar yang diperlukan untuk mencapai tujuan
- Mengadakan evaluasi hasil belajar terhadap peserta didik.
Ada sejumlah prinsip yang digunakan dalam pengembangan kurikulum, diantaranya:
- Prinsip relevansi, kurikulum dan pengajaran harus disusun sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan kehidupan peserta didik
- Prinsip efektifitas, berkaitan dengantingkat pencapaian hasil pelaksanaan kurikulum.
- Prinsip efisiensi, berkaitan dengan perbandingan antara tenaga, waktu, dana, dan sarana yang dipakai dengan hasil yang diperoleh.
- Prinsip kontinuinitas, Kurikulum berbagai tingkat kelas dan jenjangpendidikan disusun secara berkesinambungan.
- Prinsip fleksibilitas,disamping program yang berlakuuntuk semua anak terdapat pula kesempatan bagi amak mengambil program-program pilihan.
- Prinsip integritas, kurikulum hendaknya memperhatiakn hubungan antara berbagai program pendidikan dalam rangka pembentukan kepribadian yang terpadu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar