Senin, 02 Mei 2011

Ilmu Nuzul Al-Quran 2

ILMU NUZUL AL-QURAN

PENGERTIAN NUZUL AL-QURAN DAN TAHAPAN TURUNNYA

Tentang ayat-ayat yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Menurut pendapat yang terkuat ialah Surat Al-‘Alaq sebab ayat-ayat itu diturunkan ketika Nabi berada di Gua Hira, yaitu sebuah gua di Jabal Nur, yang terletak kira-kira tiga mil dari kota Mekah. Ini terjadi pada malam hari Senin, tanggal 17 Ramadhan tahun ke-41 dari usia Rasulullah tiga belas tahun sebelum Hijriah, bertepatan dengan bulan Juli tahun 610 M. Malam turunnya Al-Quran pertama kali disebut “Lailatul Qadr” atau “Lailatul Mubarakah”, yaitu suatu malam kemuliaan dan penuh keberkahan. Malam tersebut dinamakan Lailatul Qadr karena ia mempunyai nilai yang tinggi, karena diturunkan pada malam itu Kitab Suci kepada Nabi dan Rasul Allah yang terakhir dan akan menjadi pedoman seluruh umat manusia sampai akhir jaman kelak. Juga dinamakan Lailatul Mubarakah karena malam tersebut telah dipenuhi dengan berkah dan nikmat Allah yang tak ternilai, yaitu turunnya Al-Quranul Karim, pembebas manusia dari kesesatan dan pembimbing mereka ke jalan yang benar, menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.
Saat turunnya al-Quran yang pertama disebut Yaumul Furqan karena Al-Quran membawa ajaran-ajaran dan hukum-hukum yang jelas. Al-Quran pertama kali diturunkan adalah pada tanggal 17 bulan Ramadhan, malam senin.

Al-Quran diturunkan dengan beberapa cara diantaranya.
  1. Berupa mimpi yang baik yang diterimanya waktu tidut.
  2. Seperti bunyi gemerincing lonceng.
  3. Malaikat menjelma menjadi seorang laki-laki, lalu ia menyampaikan wahyu.

Mengenai ayat yang paling terakhir diturunkan adalah ayat ketiga Surat al-Maidah . Diturunkan ketika Nabi berwukuf di Padang Arafah sewaktu melakukan ibadah “Hijjatul Wada” yaitu haji yang terakhir dilakukan Nabi sebelum wafat. Itu terjadi pada hari Jumat tanggal 9 Zulhijjah, tahun 10 hijriah, atau tahu ke-63 dari usia Rasulullah, kira-kira 81 malam sebelum beliau wafat, bertepatan dengan bulan Maret tahun 632 M. Rasulullah wafat pada hari Senin tanggal 13 Rabi’ul Awwal tahun 11 H, atau tanggal 7 Juni tahun 632 M.
Turunnya seluruh ayat-ayat Al-Quran memakan waktu selama 22 tahun 2 bulan 22 hari, yang terbagi dalam dua periode.
  1. Masa sebelum Hijrah, ketika Rasulullah masih berdiam di Mekkah, yaitu selama 12 tahun, 5 bulan, 13 hari, ialah sejak turunnya ayat-ayat pertama kali tanggal 17 Ramadhan. Surat yang diturunkan pada periode ini disebut “ayat-ayat makkiyah” dan ayat-ayat yang turun pada peristiwa hijrah termasuk dalam klasifikasi ini.
  2. Masa sesudah hijrah ke Madinah adalah selama 9 tahun, 9 bulan, 9 hari.. ayat-ayat yang diturunkan dalam periode ini disebut “ayat-ayat Madaniyah”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar