Selasa, 10 Mei 2011

Peranan Guru sebagai Jabatan Prefesional 5

1.      Guru sebagai Motivator
Dalam proses pembelajaran, motivasi merupakan salah satu aspek dinamis yang sangat penting. Sering terjadi siswa yang kurang berprestasi bukan disebabkan oleh kurangnya kemampuan. Tetapi disebabkan oleh kurangnya motivasi untuk belajar. Oleh karena itu untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut kreatif untuk dapat membangkitkan motivasi belajar siswa.
Beberapa hal yang patut diperhatikan agar dapat membangkitkan motivasi belajar adalah sebagai berikut:
a.        Memperjelas tujuan yang ingin dicapai,
b.         Membangkitkan minat siswa,
c.         Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,
d.         Memberi pujian yang wajar terhadap keberhasilan siswa,
e.         Memberikan penilaian yang positif,
f.          Memberi komentar tentang hasil pekerjaan siswa, dan
g.         Menciptakan persaingan dan kerjasama.
2.      Guru sebagai Evaluator
Sebagai evaluator, guru berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi tidak hanya dilakukan terhadap hasil akhir pembelajaran (berupa nilai atau angka-angka) tetapi juga dilakukan terhadap proses, kinerja, dan skill siswa dalam proses pembelajaran.
Kegiatan yang bertujuan untuk menilai keberhasilan siswa memegang peranan penting. Sebab melalui evaluasi guru dapat menentukan apakah siswa yang diajarkannya sudah memiliki kompetensi yang telah ditetapkan, sehingga mereka layak diberikan program pembelajaran baru atau malah sebaliknya siswa belum bisa mencapai standar minimal, sehingga mereka perlu diberikan remedial.
Kebanyakan guru beranggapan bahwa evaluasi sama dengan melakukan tes, artinya guru telah melakukan evaluasi manakala ia telah melakukan tes. Hal ini tentu kurang tepat, sebab evaluasi adalah suatu proses untuk menentukan nilai atau makna tertentu pada sesuatu yang dievaluasi. Dengan demikian, tes hanya salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menentukan makna tersebut.[1]






[1]Informasi Pendidikan Nasional. 2009. Guru sebagai Jabatan Profesional. http://www.infodiknas.com. February 23, 2010. 05:03pm.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar