Rabu, 13 April 2011

Dasar Pemikiran Pentingnya Pendidikan Seumur Hidup

a.      Dasar Pemikiran Pentingnya Pendidikan Seumur Hidup

      Ada bermacam-macam dasar pemikiran yang menyatakan bahwa pendidikan seumur hidup sangat pentig.
                  Dasar pemikiran tersebut di tinjau dari beberapa segi, antara lain :

1)                  Ideologis

      Semua manusia dilahirkan ke dunia mempunyai hak yang sama, khususnya hak untuk mendapatkan pendidikan dan peningkatan pengetahuan serta keterampilannya. Pendidikan seumur hidup akan memungkinkan seseorang mengembangkan potensi-potensinya sesuai dengan kebutuhan hidupnya.

2)      Ekonomis

      Cara yang efektif keluar dari “Lingkungan Setan Kemelaratan” yang menyebabkan kebodohan, dan kebodohan nmenyebabkan kemelaratan ialah melalui pendidikan. Pendidikan seumur hidup memungkinkan seseorang untuk :

a.       Meningkatkan produktivitas;
b.      Memelihara dan mengembangkan sumber-sumber yang dimiliki;
c.       Memungkinkan hidup dalam lingkungan yang lebih menyenangkan dan sehat; dan
d.      Memiliki motivasi dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya secara tepat sehingga peranan pendidikan keluarga menjadi sangat besar dan penting.


3)      Sosiolosis

            Para orang tua di Negara berkembang kerap kurang menyadari pentingnya pendidikan sekolah bagi anak-anaknya. Karena itu, anak-anak mereka sering kurang mendapatkan pendidikan sekolah, putus sekolah, atau tidak bersekolah sama sekali. Dengan demikian, pendidikan seumur hidup bagi orang tua akan merupakan pemecahan atas masalah tersbut.

4)      Politis

            Pada negara demokrasi hendaknya seluruh rakyat menyadari pentingnya hak milik, dan memahami fungsi pemerintah, DPR, MPR, dan lain-lain. Karena itu, pendidikan kewarganegaraan perlu di berikan kepada setiap orang. Dengan demikian, maka inilah yang menjadi tugas pendidikan seumur hidup.

                  5)  Teknologis

            Dunia dilanda oleh eksplosit ilmu pengetahuan da teknologi. Para sarjana, teknisi, dan pemimpin di Negara berkembang perlu memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka, seperti yang dilakukan oleh sejawat mereka di Negara maju.

                  6)  Psikologis dan pedalogis

      Perkembangan iptek yang pesat mempunyai pengaruh besar terhadap konsep, teknik dan metode pendidikan. Selain itu, perkembangan tersebut  menyebabkan makin luas, dalam dan kompleksnya ilmu pengetahuan. Akibatnya, tidak mungkin lagi diajarkan seluruhnya kepada peserta didik di sekolah. Karena itu, tugas pendidikan sekolah yang utama sekarang ialah mengajarkan bagaimana cara belajar, menanamkan motivasi yang kuat dalam diri anak untuk belajar terus menerus sepanjang hidupnya; memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk secara cepat, mengembangkan daya adabtasi yang besar dalam diri peserta didik. Untuk semua itu ,perlu diciptakan kondisi yang merupakan penerapan atas pendidikan seumur hidup.1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar