Rabu, 20 April 2011

Pengertian Pendidikan 3

Ilmu Pendidikan dibentuk oleh sejumlah cabang ilmu yang terkait satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan. Cabang-cabang ilmu pendidikan yang dimaksud adalah:
1.       Pendidikan Teoretis
2.       Sejarah Pendidikan dan Perbandingan Pendidikan
3.       Pengembangan Kurikulum
4.       Didaktik Metodik atau Proses Pembelajaran
5.       Media dan Alat Belajar
6.       Komunikasi dan Informasi Pendidikan
7.       Bimbingan dan Konseling
8.       Evaluasi Pendidikan
9.       Profesi dan Etika Pendidik
10.   Kepemimpinan Pendidikan
11.   Supervisi Pendidikan
12.   Perencanaan Pendidikan
13.   Organisasi dan Manajemen Pendidikan
14.   Statistik dan Penelitian Pendidikan

Definisi pendidikan menurut Langevelt adalah memberi pertolongan secara sadar dan sengaja kepada seorang anak(yang belum dewasa) dalam pertumbuhannya menuju kearah kedewasaan dalam arti dapat berdiri sendiri dan bertanggung jawab susila atas segala tindakannya menurut pilihannya sendiri. Menurut Dewantara pendidikan adalah manuntun segala kakuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat mendapat keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya (TIM MKDK,1990). Menurut Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 mendefinisikan pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sehingga peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecardasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan, masyarakat, bangsa, dan negara. Jadi, pendidikan itu berlangsung seumur hidup bahkan juga termasuk pendidikan dalam kandungan. Mendidik adalah membantu peserta didik dengann penuh kesabaran, baik dengan alat atau tidak dalam kewajiban mereka mengembangkan dan menumbuhkan diri untuk meningkatkan kemampuan serta peran dirinya sebagai individu, anggota masyarakat, dan umat Tuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar