Rabu, 13 April 2011

Empat Konsep Kunci dalam Pendidikan seumur Hidup

Dalam pendidikan seumur hidup dikenal adanya 4 macam konsep kunci, yaitu :

1)   Konsep pendidikan seumur hidup itu sendiri

      Sebagai suatu konsep maka pendidikan seumur hidup diartikan sebagai tujuan atau ide formal untuk pengorganisasian dan penstrukturan pengalaman-pengalaman pendidikan.
      Hal ini berarti pendidikan akan meliputi seluruh rentangan usia dan usia yang paling muda sampai paling tua dan adanya basis institusi yang amat berbeda dengan basis yang mendasari persekolahan konsensional.

2)      Konsep belajar seumur hidup

Dalam konsep pendidikan seumur hidup berarti pelajar belajar karena respons terhadap keinginan yang mendasari untuk belajar dan angan-angan  pendidikan menyediakan kondisi-kondisi membantu belajar.

Jadi istilah belajar ini merupakan kegiatan yang dikelola walaupun tanpa organisasi sekolah dan kegiatan ini justru mengarah pada penyelenggaraan pendidikan seumur hidup.

3)      Konsep pelajar seumur hidup

Belajar seumur hidup dimaksudkan orang-orang adalah orang-orang yang sadar tentang diri mereka sebagai pelajar seumur hidup melihat belajar baru sebagai cara yang logis untuk mengatasi problema dan terdorong tinggi sekali untuk belajar di seluruh tingkat usia dan menerima tantangan dan perubahan seumur hidup sebagai pemberi kesempatan untuk belajarbaru.
Dalamkeaadan demikian perlu adanya system pendidikan yang bertujuan membantu perkembangan orang-orang secara sadar dan sistematik merespensuntuk beradaptasi dengan lingkungan mereka seumur hidup

4)      Kurikulum yang menbantu pendidikan seumur hidup

Kurikulum, dalam hubungan ini, didesain atas dasar prinsip pendidikan seumur hidup betul-betul telah menghasilkan pelajar seumur hidupyang secara berurutan melaksanakan belajar seumur hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar