Senin, 07 Maret 2011

Motivasi Belajar dan Peer Teaching (pengajaran sebaya)

o   Motivasi
Motivasi belajar adalah seluruh daya penggerak psikis yang ada didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar, dan memberi arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan. Motivasi belajar berperan penting dalam memberikan semangat belajar sehingga siswa yang bernotivasi kuat memiliki energi banyak untuk belajar (Winkel, 2005:169). Selain itu, adanya motivasi yang kuat dan tepat akan menciptakan hasil belajar yang optimal (Sardiman, 2005:75).
o   Peer teaching
Pengajaran sebaya adalah sistem pengajaran yang dilakukan siswa satu sama lain dengan saling membantu dalam belajar dan mengajar. Pengajaran sebaya dapat dilakukan dengan berbagai bentuk seperti satu orang satu tutor (siswa yang lebih berpengalaman), presentasi siswa dalam seminar atau pembelajaran di kelas, siswa aktif menjadi asisten siswa lain, termasuk dalam aktivitas belajar kelompok kecil dalam pembelajaran atau praktikum, atau dalam suasana informal dengan siswa lain yang berlainan kelas.
Pengajaran sebaya yang mudah dikelola dikelas dengan jumlah siswa cukup banyak adalah bentuk presentasi. Bentuk pengajaran ini dilaksanakan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan topik yang berbeda untuk dipresentasikan kepada rekan sebayanya. Setiap kelompok diberi waktu untuk mempersiapkan presentasi, siswa dapat menggunakan media untuk melakukan presentasi. Pembelajaran ini diikuti dengan tanya jawab

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar