Minggu, 20 Maret 2011

Proposa Bisnis 2

A. PENDAHULUAN
            “Pengen sih, tapi mana ada waktu…,” kata banyak orang ketika bicara mengenai olahraga. Seringkali dua puluh empat jam seakan tidak pernah cukup untuk kehidupan saat ini. Meeting, deadline, target dan kesibukan lain seakan selalu berlanjut tanpa henti. Olahraga atau kebiasaan lain untuk menjaga kesehatan seringkali menjadi prioritas terakhir dalam jadwal kita. Beberapa orang pun akhirnya menutup keanggotaan fitness Center-nya karena merasa rugi terus membayar biaya bulanan dan hanya sempat beberapa kali memakai fasilitasnya.
            Memang, kalau menjaga kesehatan dan vitalitas dengan berolahraga sepertinya tidak mudah untuk kita yang sibuk, meskipun sudah banyak penelitian di dunia medis yang menunjukkan bahwa hal-hal tersebut sebenarnya akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stress dan penyakit. Butuh suatu kesadaran dan keinginan dari dalam diri kita untuk memulai suatu pola hidup sehat ini. Kebiasaan-kebiasaan lama, seperti malas berolahraga, menjadi pemakan segalanya (unhealty and junk food), sampai merokok dan minum alkohol, sudah waktunya untuk kita tinggalkan. Saya sendiri mengakui, dalam keadaan sibuk, tekad untuk berolahraga tampaknya sangat mudah sekali hilang. Jadwal yang sudah ditetapkan berhari-hari sebelumnya dengan mudah tersingkirkan. Selain itu, kita cenderung berfikir: usia masih muda, hidup untuk dinikmati, atau nanti pada usia ’segitu’ baru saya akan rajin berolahraga.
            Salah satu faktor utama yang membuat kita malas berolahraga adalah karena kita selalu menganggap olahraga sebagai suatu kegiatan yang sulit, rumit, dan membuang waktu. Padahal, kenyataannya olahraga bisa kita lakukan dimana saja, kapan saja, dan dengan manfaat yang tetap besar.
            Olahraga sebenarnya terdiri dari tiga bentuk utama, yaitu aerobik, anaerobik, dan stretching. Diantara ketiganya, tidak ada satupun yang kita katakan paling bermanfaat. Jadi, saya kira bisnis di bidang olahraga yang murah, hemat waktu, dan modern sangat dibutuhkan saat ini.

Manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang
1 orang bertugas sebagai promotor
2 orang bertugas memberi informasi dan pendaftaran
2 orang bertugas sebagai instruktur penyuluhan

Marketing
            Bisnis di zaman modern seperti sekarang ini membutuhkan ide dan inovasi yang terus menerus tanpa henti dan harus terlihat beda dan menarik dari yang pernah ada sebelumnya. Oleh karena itu, bisnis yang bergerak dalam bidang jasa konsultasi kesehatan, gaya hidup sehat, dan menjadi sehat tanpa harus membuang banyak waktu hanya dengan mengubah sedikit saja kebiasaan hidup ini akan banyak diminati oleh berbagai golongan usia.
            Semua orang yang ingin hidupnya menjadi lebih sehat dapat mengikuti program sehat ini. Baik itu anak-anak maupun manula. Tentunya program latihan disesuaikan dengan kebutuhan maupun faktor-faktor lainnya, seperti usia, jenis kelamin, dsb. Agar terlihat lebih menarik dan beda dengan program-program olahraga lainnya, kami menawarkan berbagai paket olahraga yang kedepannya secara tidak disadari akan menjadi life style para member tanpa harus dibimbing oleh trainer.

Tujuan Bisnis
            Olahraga merupakan investasi murah yang memberikan return atau keuntungan yang sangat besar dalam jangka panjang. Manfaat kedua olahraga adalah untuk produktifitas. Dalam keadaan tubuh yang fit, kita akan lebih mampu berpikir jernih dan kreatif juga lebih lincah dalam melakukan sesuatu. Manfaat lainnya dari olahraga adalah penampilan yang menarik. Orang yang rajin berolahraga akan memiliki postur tubuh yang lebih baik dan raut wajah yang segar. Ini akan membuat kita memiliki suatu kharisma tambahan.
            Satu fakta lagi, sebuah survei yang dilakukan terhadap orang-orang yang berusia di atas 100 tahun di Amerika, ternyata menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Mereka ada yang merokok berungkus-bungkus perhari, pemakan daging merah, sampai peminum alakohol, apa kesamaan yang mereka miliki? Rahasianya adalah mereka selalu berkeringat tiap hari, entah itu melaui berkebun, olahraga, sex, atau apapun juga.
            Bayangkan saja secara matematis, bagi masyarakat yang hidup di kota besar, alasan untuk tidak berolahraga bertambah banyak dengan kesibukan keterbatasan waktu dan berbagai halangan lainnya. Kami percaya, cara paling sehat dan efektif untuk berkeringat adalah dengan berolahraga. Meskipun olahraga telah diketahui sebagai suatu investasi yang sangat berolahraga, namun masih banyak juga orang yang belum mau menginvestsikan waktunya di bidang ini. Ada sebuah cerita dari seorang teman yang ayahnya terserang stroke. Dalam enam bulan perawatannya, ia menghabiskan biaya seharga 3 buah mobil kijang baru. Meliputi biaya UGD, ICU, dokter, obat, sampai fisioterapi. Beruntung orangtuanya ini memiliki cukup dana simpanan dan berhasil dipulihkan. Sedikit hitung-hitung, bila dana untuk jaga-jaga seandainya kita terkena stroke di usia lima puluh tahun membutuhkan dana Rp 500.000.000 maka bila kita mulai menabung 20 tahun sebelumnya dan suku bunga kurang lebih 7% pertahun seperti saat ini, pertahun kita perlu menabung sedikitnya Rp 10.000.000. Lebih baik mulai rutin berolahraga bukan.. ???? Ketiga bentuk olahraga yaitu, aerobik, anaaerobik, dan stretching memiliki manfaat yang sama besar meskipun fungsinya berbeda-beda.
Kebiasaan yang perlu kita kembangkan adalah:
  1. Latihan anaerobik atau latihan beban sedikitnya dua kali perminggu.
  2. Stretching minimal lima kali setiap hari selama lima menit.
  3. Latihan aerobik sedikitnya 2x perminggu dengan durasi minimal 20 menit.

Nama Bisnis
Kelangsungan suatu usaha menjadi lebih terkenal dan mempunyai omzet yang besar dipengaruhi oleh nama dari bisnis tersebut. Oleh sebab itu, Sehat Ga Pake Ribet menjadi nama dari bisnis ini.

Kesimpulan
            Dengan semakin rutin kita melakukan latihan harian maka physical intelligance kitapun akan semakin meningkat. Melakukan olahraga secara teratur akan meningkatkan kesehatan kita di usia berapapun kita memulainya. Para ahli di Case Western Reserve University mendapatkan bahwa orang-orang berusia 72 tahun yang meningkatkan frekuensi olahraganya ternyata berhasil meningkatkan kesehatan tubuh mereka secara keseluruhan. Sehingga umurnya bertambah sampai 20% dibanding yang lain.Tanpa kita sadari kita akan terbiasa memilki pola hidup sehat dan ketika semuanya itu telah tertanam di alam bawah sadar kita mungkin tanpa kita sadari, pola hidup sehat ini akan kita bawa sampai lanjut usia nanti. Selain itu, kita perlu juga makan makanan yang sehat dan seimbang. Makan yang terbaik adalah yang BAV (balance, adequate, variety). Dan hal penting adalah kita tidur yang cukup dan berkualitas. Karena pada saat tidur inilah terjadi peremajaan sel-sel tubuh yang baru, pembakaran kalori, dan pembongkaran lemak yang menjadi target dari latihan olahraga kita. Olahraga secara rutin ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengobati insomnia. Karena itu, mari sama-sama kita miliki hari muda yang produktif dan aktif serta hari tua yang sehat dan bisa menikmati hidup. Sehat itu murah! Justru sakitlah yang mahal! Jadi semuanya memiliki manfaat. Bayangkan dengan melakukan latihan otot secara tepat dan konsisten kita bisa mengatakan kalau kita telah berolahraga.

Keuangan
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 1.500.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 7.500.000,00. Berikut ini kita tampilkan proyeksi keuangan kita dalam 1 bulan.

Proyeksi Keuangan 1 bulan
1. Kas Rp 7.500.000,00
Modal Rp 7.500.000,00
(Setoran untuk modal awal)
2. Perlengkapan Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan)
3. Peralatan Rp 5.000.000,00
Kas Rp 5.000.000,00
(Pembelian Peralatan)

Proyeksi anggota yang ikut bergabung dalam 1 bulan pertama adalah 30 orang.
Pendaftaran     @Rp. 20.000,00 x 30 = Rp. 600.000,00
Kartu anggota @Rp. 20.000,00 x 30 = Rp. 600.000,00
Kaos               @Rp. 50.000,00 x 30 = Rp. 1.500.000,00
Konsultasi       @Rp. 30.000,00 x 30 = Rp. 900.000,00 x 6 = 5.400.000,00

                                                         
Pengeluaran
Tenaga kerja orang Rp. 2.500.000,00
Laba Bersih Rp 3.500.000,00

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar