Kamis, 10 Februari 2011

Kesiapan Belajar dan Aspek-aspek Individu Bag. 2

Fungsi jiwa dan tubuh atau aspek-aspek individu yang akan dikembangkan adalah sebagai berikut:
  1. Rohani
    1. Umum
1.       Agamis
2.       Perasaan
3.       Kemauan
4.       Pikiran
    1. Sosial
Kemasyarakatan
Cinta tanah air
2.    Jasmani:
a.    Keterampilan
b.    Kesehatan
c.     Keindahan tubuh

Dari kesembilan aspek individu tersebut, ada beberapa yang perlu diberi penjelasan. Antara lain adalah aspek keagamaan. Hal ini sangat mungkin disebabkan oleh sifat pendidikan barat itu sendiri yang kebanyakan bersifat sekuler. Meraka tidak mau memasukkan aspek agama dalam proses belajar. Mereka menganggap agama adalah urusan pribadi masing-masing, jadi tidak perlu dicampurkan dengan proses belajar di lembaga pendidikan.
Aspek lain yang perlu juga dijelaskan adalah aspek kemasyaralatan dan cinta tanah air. Kedua apek memiliki kesamaan, yaitu sama-sama merupakan sikap sosial. Bedanya ialah kemasyarakatan hanya mencakup masyarakat yang relative dekat dengan individu bersangkutan yaitu tempat ia mengadakan komunikasi, sedangkan cinta tanah air bersifat luas, yaitu mencakup seluruh wilayah Indonesia. Menurut konsep pendidikan di Indonesia, individu manusia harus berkembang secara total membentuk menusia berkembang seutuhnya dan diwarnai oleh sila-sila Pancasila. Yang disebut berkembang total atau seluruhnya ialah perkembangan individu yang memenuhi ketiga criteria berikut:
1.       Semua potensi berkembang secara proporsional, berimbang dan harmonis. Artinya pelayanan terhadap potensi-potensi itu tidak pilih kasih dan disesuaikan dengan tingkat potensinya masing-masing
2.       Berkembang secara optimal, artinya potensi-potensi yang yang dikembangkan diusahakan setinggi mungkin sesuai dengan kemampuan daya dukung pendidikan
3.       berkembang secara integrative, ialah perkembangan semua potensi atau aspek itu saling berkaitan satu dengan yang lain dan saling menunjang menuju suatu kesatuan yang bulat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar