Rabu, 16 Februari 2011

Psikologi Perkembangan Bag. 2

Sementara itu Stanley Hall penganut teori Evolusi dan teori Rekapitulasi membagi masa perkembangan anak sebagai berikut:
1.       Masa kanak-kanak ialah umur 0 – 4 tahun sebagai masa kehidupan binatang.
2.       Masa anak ialah umur 4 – 8 tahun merupakan masa sebagai manusia pemburu.
3.       Masa muda ialah umur 8 – 12 tahun sebagai manusia belum berbudaya.
4.       Masa adolesen ialah umur 12 – dewasa merupakan manusia berbudaya.

Havinghurst menyusun fase-fase perkembangan sebagai berikut:
1.       Tugas perkembangan masa kanak-kanak.
2.       Tugas perkembangan masa anak.
3.       Tugas perkembangan masa remaja.
4.       Tugas perkembangan masa dewasa awal.
5.       Tugas perkembangan masa setengah baya.
6.       Tugas perkembangan orang tua.

Tugas-tigas yan harus dijalankan oleh setiap individu sepanjang hidupnya seperti trtera diatas, memberi kemudahan pada para pendidik pada setiap jenjang dan tingkat pendidikan untuk:
1.       Menentukan arah pendidikan.
2.       Menentukan metode atau model belajar anak-anak agar mereka mampu menyelesaikan tugas perkembangannya.
3.       Menyiapkan materi pelajaran yang tepat.
4.       Menyiapkan pengalaman belajar yang cocok dengan tugas perkembangan itu.

Psikologi perkembangan ini menggunakan pendekatan pentahapan tetapi bersifat khusus. Konsep Jean Piaget yang menekankan tingkat-tingkat perkembangan khusus yaitu kognisi. Menurut Piaget ada empat tingkat perkembangan kognisi, yaitu:
1.       Periode sensorimotor pada umur 0 – 2 tahun.
2.       Periode praoperasional pada umur 2 – 7 tahun.
3.       Periode operasi konkret pada umur 7 – 11 tahun.
4.       Periode operasi formal pada umur 11 – 15 tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar