Minggu, 20 Februari 2011

Masyarakat Indonesia dan Pendidikan

A.            Masyarakat Indonesia dan Pendidikan
Sebagian besar masyarakat Indonesia sekarang sudah sadar akan pentingnya pendidikan untuk meningkatkan hidup dan kehidupan. Dimana-mana tampak anak-anak muda mereka berebut untuk mendapatkan sekolah, walaupun ada sejumlah kasus orang tua menolak menyekolahkan anak mereka dengan dalih membantu mencari nafkah. Kini kita lihat pengaruh globalisasi terhadap masyarakat Indonesia. Dari pengamatan sehari-hari ada beberapa hal yang tampaknya sudah terkena pengaruh globalisasi antara lain:
1.       Bidang Ekonomi
2.       Bidang Politik
3.       Bidang Kebudayaan
4.       Kehidupan remaja

Untuk membuat kebudayaan, termasuk pendidikan dimasyarakat, sebagai sesuatu yang tidak selalu disadari oleh pendidik, menjadi wadah proses belajar sehingga anak dapat berkembang wajar sejak awal, membutuhkan sejumlah pembenahan, yaitu:
1.       Perbaikan kerja sama orang tua, masyarakat, dan pemerintah dalam memperbaiki pendidikan.
2.       Pendidikan nonformal dan pendidikan informal, ditangani secara serius, paling sedikit sama intensitasnya dengan penanganan pendidikan jalur formal.
3.       Kebudayaan, terutama tayangan televisi, yang paling banyak pengaruhnya terhadap perkembangan anak dan remaja, perlu ditangani dengan baik seperti telah diuraikan diatas.
4.       Kebudayaan-kebudayaan negative yang lain perlu dihilangkan dengan berbagai cara.












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar