Sabtu, 19 Februari 2011

Landasan Psikologi Pendidikan Bag. 1

LANDASAN PSIKOLOGI
Landasan psikologi yang mencakup psikologi perkembangan, belajar, sosial, kesiapan belajar, dan aspek-aspek individu melahirkan konsep pendidikan seperti berikut. Teori belajar disiplin mental masih bermanfaat untuk melatih perkalian dan soal-soal, sedangkan teori naturalis bermanfaat untuk belajar seumur hidup. Teori belajar behaviourisme untuk membentuk perilaku nyata dan teori belajar kognisi untuk mempelajari hal-hal yang rumit. Persepsi diri atau konsep tentang diri sendiri yang bersumber dari perilaku overt dan persepsi tentang lingkungan serta dipengaruhi oleh sikap dan perasaan, perlu dikembangkan agar setiap anak punya konsep diri secara riil. Juga motivasi untuk belajar dikembangkan melalui pemenuhan minat, tugas yang menantang, dan menanamkan harapan sukses. Semua aspek individu harus diberi perhatian yang sama agar berkembang secara berimbang, optimal, dan terintegrasi agar terjadi manusia berkembang seutuhnya.
Tinjauan tentang psikologi perkembangan, psikologi belajar, psikologi sosial, dan kesiapan belajar serta aspek-aspek individu, memberikan implikasi kepada konsep pendidikan. Implikasi itu sebagian besar dalam bidang kurikulum sebab materi pelajaran dan proses belajar mengajar itu harus sejalan dengan perkembangan, cara belajar, cara mereka mengadakan kontak sosial, dan kesiapan belajar mengajar.
Implikasinya kepada konsep pendidikan adalah sebagai berikut.
Psikologi perkembangan yang bersifat umum, yang berorientasi pada afeksi, dan pada kognisi, semuanya memberi petunjuk pada pendidik bagaimana seharusnya ia menyiapkan dan mengorganisasi materi pendidikan serta bagaimana membina anak-anak agar mereka mau belajar dengan sukarela.
Psikologi belajar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar