Minggu, 13 Februari 2011

Psikologi Sosial Pendidikan Bag. 1

A.                  Psikologi Sosial
Psikologi sosial adalah psikologi yang mempelajari psikologi seseorang di masyarakat, yang mengombinasi cirri-ciri psikologi dengan ilmu sosial untuk mempelajari pengaruh masyarakat terhadap individu terhadap antar individu. Pembentukan kesan pertama terhadap orang lain memiliki tiga kunci utama yaitu:
1.       Kepribadian orang itu
2.       Perilaku orang itu
3.       Latar belakang situasi

Sikap dapat ditimbulkan, disamping sering muncul secara alami, yaitu:
1.       Dengan metode langsung seperti pengkondisian dan penguatan, manakala ia sukses dalam kegiatan tertentu, maka ia akan bersikap positif terhadap kegiatan itu.
2.       Dengan metode tidak langsung seperti dengan melihat dan mempelajari sikap tokoh tertentu, misalnya dalam buku bacaan, televise, atau melihat langsung.
Metode kedua ini sangat penting dilaksanakan oleh pendidik, sangat mudah dan etika pendidik mewajibakan hal itu, yaitu dengan membuat diri pendidik itu sendiri menjadi tokoh yang patut ditiru.
Motivasi juga merupakan salah satu aspek psikologi sosial, sebab tanpa motivasi tertentu seseorang sulit untuk berpartisipasi masyarakat.Menurut Klinger (Savage, 1991) faktor-faktor yang menentukan motivasi adalah:
  1. Minat dan kebutuhan individu.
  2. Persepsi kesulitan akan tugas-tugas.
  3. Harapan sukses.
Masih ada sejumlah metode untuk membangkitkan motivasi belajar anak-anak di sekolah. Robbins, misalnya menyebutkan teori-teori kebutuhan yang Berhirarki, teori X dan Y, teori Tiga Kebutuhan, teori Dua Faktor, dan teori Harapan. Kelima teori ini dapat dilakukan dalam pendidikan tetapi yang paling mudah dilaksanakan adalah teori Tiga Kebutuhan, yaitu kebutuhan ber[restasi, kebutuhan bersahabat, kebutuhan berkuasa. Selanjutnya mari kita bahas tentang keintiman hubungan! Altman dan Tailor (Freedman, 1981) mengembangkan teori keintiman yang ia namakan penetrasi sosial, bahwa terjadi perilaku antarpribadi yang diikuti oleh perasaan subjektif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar