Rabu, 09 Februari 2011

Landasan Ekonomi Pendidikan Bag. 1

LANDASAN EKONOMI
Landasan ekonomi yang membahas peranan ekonomi, fungsi produksi, efisiensi dan efektifitas biaya pendidikan memberikan konsep pendidikan seperti faktor ekonomi bukan pemegang peranan utama, ia hanya sebagai faktor yang cukup menentukan keberhasilan pendidikan. Faktor yang paling menentukan kehidupan dan kemajuan pendidikan adalah dedikasi, keahlian, dan keterampilan pengelola dan pendidik. Tiap lembaga pendidikan diupayakan mampu menutupi kebutuhan dana dengan cara mencari sumber dana tambahan sebanyak mungkin. Konsep fungsi produksi dalam pendidikan adalah suatu upaya untuk memudahkan menentukan efisiensi pendidikan. Faktor-faktor utama dalam menentukan efisiensi pendidikan adalah penggunaan uang, proses kegiatan, dan hasil kegiatan.
Konsep-konsep pendidikan yang mungkin dikembangkan dari pembahasan mengenai landasan ekonomi ini adalah bertalian dengan hal-hal berikut.
Dalam dunia pendidikan, faktor ekonomi bukan sebagai pemegang peran yang utama, melainkan sebagai pemeran yang cukup menentukan keberhasilan pendidikan. Sebab dengan ekonomi yang memadai diharapkan akan mencapai hal-hal sebagai berikut.
  1. Prasarana, sarana, media, alat belajar, dan sebaginya bias dipenuhi.
  2. Proses belajar mengajar bisa dilaksanakan secara lebih intensif, sebab para pendidik lebih dapat memusatkan perhatiannya, mereka tidak mencari sambilan di luar.
  3. Motivasi dan kegairahan kerja personalia pendidikan meningkat, mereka siap pula untuk meningkatkan profesi.
Faktor yang paling menentukan kehidupan dan kemajuan pendidikan adalah dedikasi, keahlian, dan keterampilan pengelola dan guru-guru atau dosen-dosen lembaga pendidikan itu.
Fungsi ekonomi pendidikan itu adalah sebagai berikut.
  1. Untuk menunjang kelancaran proses pendidikan.
  2. Sebagai bahan pelajaran untuk membentuk manusia ekonomi. Bahan ini dapat disisipkan pada pembahasan semua bidang studi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar