Jumat, 18 Februari 2011

Landasan Psikologi Pendidikan Bag. 3

Wujud perkembangan total atau berkembang seutuhnya memenuhi tiga kriteria, yaitu.
  1. Semua potensi berkembang secara proporsional atau berimbang dan harmonis.
  2. Potensi-potensi itu berkembang secara optimal.
  3. Potensi-potensi berkembang secara integratif.
Menyadari akan perbedaan kemampuan dan sifat-sifat antara anak laki-laki dan perempuan, pendidik dalam membina anak-anak harus dapat mengatur strategi dan metode belajar mengajar agar sesuai dengan kemampuan dan sifat-sifat kedua jenis kelamin ini. Pendidik tidak boleh memaksa anak laki-laki agar sepandai atau melebihi kepandaian anak perempuan dalam pelajaran bahasa. Sebaliknya jangan memaksa anak perempuan agar bisa mengalahkan anak laki-laki dalam bidang matematika. Biarkanlah mereka berkembang secara wajar. Pendidik tidak perlu terlalu marah kepada anak laki-laki yang agresif atau kepada anak perempuan yang mudah tersinggung sebab memang demikianlah sifat alamiah mereka. Ibarat proses mekarnya bunga, pendidik tidak boleh memaksa kelopak-kelopak bunga agar segera mekar, melainkan harus menunggu dengan sabar sambil rajin member pupuk, menyirami, dan memindahkan atau menutupi dari sengatan sinar matahari yang terik. Biarkanlah mereka berkembang secara wajar, sesuai dengan kodratnya.
Karena peserta didik atau warga belajar sebagai individu, maka ada pula orang yang menyebutnya sebagai subjek didik. Di sini terkandung makna bahwa mereka merupakan subjek yang mempunyai pendirian sediri, aspirasi sendiri, kemampuan sendiri, dan sebagainya. Mereka mampu melakukan kegiatan sendiri untuk mengembangkan dirinya masing-masing dengan menggunakan perlengkapan-perlengkapan yang mereka miliki.
Dengan demikian, tidak dapat dibenarkan bila pendidik memandang mereka sebagai objek yang dapat diperlakukan semaunya oleh para pendidik.
Psikologi atau ilmu jiwa adalah ilmu yang mempelajari jiwa manusia. Jiwa itu sendiri adalah roh dalam keadaan mengendalikan jasmani yang dapat dipengaruhi oleh alam sekitar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar